Selamat hari batik nasional




Wah sudah hari sabtu lagi.. hari libur bagi sebagian orang hingga keesokan hari, namun buat saya tidak mengenal hari libur secara gw kan pengusaha bo'... hahahh' yah tapi selamat yang bisa menikmati hari libur, bagi yang sudah berkeluarga bisa menikmati liburan mingguan seperti sekarang ini dengan berjalan-jalan alais refresing, sekedar melepas penat setelah satu minggu bekerja sebab hari seninnya lagi bakalan di suguhi kembali bahan-bahan yang harus di kerjakan !! hai... tunggu dulu bukankah sekarang tanggal 2 oktober ?? benar tidak !!


Hmm.... di tanggal 2 oktober ada hari nasional berbatik ria loh.. jadi yang ingin ikutan berbatik ria, wah... hari ini adalah saat yang tepat, jika biasanya anda berbatik ria pada saat kondangan atau merayakan pesta formal mengapa anda tidak mencoba berbatik ria di hari yang istimewa ini !! itupun jika anda berminat

BTW alais By the way.... batik di kalangan orang-orang indonesia saat ini bukanlah barang antik lagi yang hanya di pakai pada acara-acara tertentu, Batik telah bermetamorfosis menjadi pakaian yang biasa di kenakan orang-orang di indonesia dan biasanya pakaian bermotif batik kini sudah banyak di modifikasi di sesuaikan dengan aksen kemodernitas agar para kaum muda-mudi tidak merasa malu mengenakannya

Dari hasil pengamatan saya barusan (mendadak mengamati) via paman google saya banyak menemukan hal yang menurut saya memang.."" masih banyak orang indonesia masih belum mengerti mengapa batik itu termasuk kategori Special , seperti yang saya kutip dari yahoonews " mereka hanya mengetahui bahwa batik di buat dan di gambar oleh mbok-mbok dengan menggunakan wax dengan cara penggambaran yang asal" Padahal untuk bisa membuat satu meter kain batik di butuhkan waktu kurang lebih 3 Minggu (netsains.com)

Menurut Shinta Witoyo Dhanuwardoyo, CEO mojopia, Proses pembuatan batik seharusnya bisa di ajarkan di sekolah-sekolah sehingga mereka bisa mengerti betul bagaimana batik itu di buat dengan harapan bahwa ketika mereka akhirnya mengetahui secara detil pembuatan, mereka bisa menjadi lebih mencintai batik itu sendiri, di jaman era globalisasi seperti sekarang pengetahuan terkait akan proses lengkap Batik seharusnya bisa melalui dunia maya! dia juga mengatakan ""Mungkin harusnya lebih banyak lagi konten-konten tentang batik di internet. Proses membuat batik harusnya ada di Youtube dan somebody has to do it," ujar Shinta. Berbagai cara membuat sesuatu toh sudah dengan mudah ditemukan di Youtube, kenapa tidak soal batik?

Kecintaan Shinta pada batik berawal dari kesukaannya akan seni. Dari situlah ia menghargai betapa rumitnya proses yang harus dilalui untuk menciptakan batik. Yang kedua, ia mengagumi ketekunan dan kesabaran para pengrajin dalam menciptakan motif yang sangat detil pada selembar kain. Shinta membandingkannya dengan ketika ia melukis di atas kanvas, kadang ia bisa tak sabar menghasilkan lukisan sementara para pengrajin ini bisa menghabiskan berbulan-bulan menekuni satu 'kanvas' yang sama.

Ia sempat khawatir para pengrajin mulai meninggalkan batik karena industri yang tidak berkembang dan penggajian yang minim, tapi dengan keberadaan Hari Batik, Shinta berharap permintaan akan batik semakin banyak. Sehingga industri pun bisa bergerak lagi. Dan makin banyak orang yang tetap atau malah, kembali menekuni batik.

Berhubung sekarang ini adalah hari batik nasional !! ayoo... tunggu apalagi, pakai batik sekarang juga kalau tidak punya pake saja punya mbokmu hahahahah.... "Selamat Hari Batik" av.


sum: sains.com,yahoonews,kaskus dll

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Biasakan untuk menggunakan bahasa yang baik dan benar, anda sekolah bayar, jadi untuk apa anda sekolah jika racawan anda begitu jorok dan kasar